Faktor Penentu Pilihan Mahasiswa terhadap Penggunaan AI

Authors

  • Astried Nurrizqy Savanah Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta
  • Mohammad Ilham Triananda Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta
  • Rifky Ramadhandi Anandithya Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta
  • Samuel Christian Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.9

Keywords:

Artificial Intelligence, Dampak, Mahasiswa, Teknologi Digital

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir berkembang signifikan, terutama pada dunia machine learning, Artificial Intelligence (AI). Isu bahwa AI menjadi pilihan mahasiswa sebagai alat bantu untuk memudahkan pengerjaan tugas, namun tidak disertai dengan fitur dan informasi yang relevan. Misinformasi dari AI menitikberatkan pada kemampuan AI yang masih terbatas, sehingga relevansi dari teknologi ini menjadi dipertimbangkan kegunaannya pada bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan pilihan mahasiswa terhadap penggunaan AI dalam pengerjaan tugas kuliah, dengan menyasar bagaimana AI yang ideal dan penggunaannya menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan wawancara dan analisis kuantitatif survei bentuk kuesioner, yang direspon oleh 70 responden dari mahasiswa S1 maupun S2, menghasilkan bahwa 7 faktor AI yang diuji pada penelitian ini, yaitu: Keandalan, Multi-fungsi, Eksploratif, Kesesuaian, Pemahaman prompt, Kejelasan Informasi, dan Kesadaran, menjelaskan 65,1% variasi data pada penelitian ini berkontribusi cukup besar dalam penggunaan AI untuk mengerjakan tugas pada mahasiswa.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Savanah, A. N., Triananda, M. I., Anandithya, R. R., & Christian, S. (2024). Faktor Penentu Pilihan Mahasiswa terhadap Penggunaan AI. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(2), 54–61. https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.9