Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Metode Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi

Authors

  • Redho Arian Saputra Universitas Negeri Padang
  • Dendy Marta Putra SMAN 5 Padang

Keywords:

Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran, PBL, Two Stay Two Stray, Sosiologi

Abstract

Artikel ini menjelaskan mengenai implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan metode Two Stay Two Stray dalam meningkatkan akktivitas belajar siswa kelas XI IPS 4 SMAN 5 Padang pada pembelajaran Sosiologi. Temuan dari penelitian ini memiliki manfaat yang signifikan bagi para guru sebagai panduan dalam menerapkan model pembelajaran yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa. Metode penelitian pada artikel ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif agar data yang dihasilkan dapat diuji validitasnya. Indikator keberhasilan pada artikel ini merujuk pada presentase rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikan minimal pada angka 70%. Hasil temuan pada penelitian ini adalah terjadi peningkatan setelah diberikan tindakan kelas yaitu sebesar 19% pada siklus satu dan sebesar 47% pada siklus dua. Secara keseluruhan kenaikan aktivitas belajar siswa dari sebelum dan sesudah diberikan tindakan kelas adalah sebesar 66%. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa model pembelajaran ini berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Saputra, R. A., & Putra, D. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Metode Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(1), 31–43. Retrieved from https://charta.ppj.unp.ac.id/index.php/crt/article/view/7