Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 15 Padang

Authors

  • Iwa Salji Ebi Satria Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yafterson Universitas Negeri Padang

Keywords:

Aktivitas belajar, Model Pembelajaran, Project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI kelas XI.F.5 di SMA Negeri 15 Padang. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas XI.F.5 SMA Negeri 15 Padang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif sehingga dapat dilakukan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada setiap siklusnya terus meningkat, dimulai dari aktivitas pra siklus yang hanya sebesar 39,3%, meningkat menjadi 71,05% pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 81,6% pada siklus I. siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proyek.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Satria, I. S. E., & Yafterson, R. B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 15 Padang. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(1), 44–53. Retrieved from https://charta.ppj.unp.ac.id/index.php/crt/article/view/6