Penerapan Model Pembelajaran Grup Investigasi (GI) dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peseta Didik pada Pembelajaran Sosiologi

Authors

  • Eril Sastra Hadi Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Rahmadhani SMAN 9 Padang
  • Eka Vidya Putra Universitas Negeri Padang

Keywords:

Grup investigasi, Keterampilan kerjasama, Model pembelajaran, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan kerjasama peserta didik di kelas X.E3 SMAN 9 Padang. Hal ini yang menjadi pendorong peneliti untuk melakukan penerapan model pembelajaran grup investigasi dalam upaya peningkatan keterampilan kerjasama peserta didik pada pembelajaran sosiologi. Penelitian ini berguna bagi guru mata pelajaran Sosilogi sebagai salah satu pedoman dalam menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kerjasama peserta didik demi tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK), dengan menerapkan model pembelajaran grup investigasi.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Hadi, E. S., Rahmadhani, R., & Putra, E. V. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Grup Investigasi (GI) dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peseta Didik pada Pembelajaran Sosiologi. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(1), 8–17. Retrieved from https://charta.ppj.unp.ac.id/index.php/crt/article/view/4