Integrasi Game dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24036/crt.v1i1.3Keywords:
Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, PancasilaAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran yang diintegrasikan dengan game dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Pancasila kelas VII.A Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Ini dilatarbelaki adanya indikasi rendahnya motivasi belajar murid sehingga pembelajaran tidak berjalan efisien dan efektif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan data dikumupulkan melalui pengamatan langsung. Sebanyak 27 orang siswa di kelas VII.A dijadikan sebagai subjek penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa khususnya pada materi menghargai budaya lokal secara signifikan. Pada materi menghargai budaya lokal pembelajaran diintegrasikan dengan aktivitas game sehingga sekurang-kurangnya terlihat 70% rata-rata persentase motivasi belajar siswa.