Integrasi Game dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Riskami Wal Ikrami Universitas Negeri Padang
  • Nanik Pratiwi SMP Pembangunan Laboratorium UNP
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang

Keywords:

Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Pancasila

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran yang diintegrasikan dengan game dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Pancasila kelas VII.A Sekolah Menengah Pertama Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Ini dilatarbelaki adanya indikasi rendahnya motivasi belajar murid sehingga pembelajaran tidak berjalan efisien dan efektif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan data dikumupulkan melalui pengamatan langsung. Sebanyak 27 orang siswa di kelas VII.A dijadikan sebagai subjek penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa khususnya pada materi menghargai budaya lokal secara signifikan. Pada materi menghargai budaya lokal pembelajaran diintegrasikan dengan aktivitas game sehingga sekurang-kurangnya terlihat 70% rata-rata persentase motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Ikrami, R. W., Pratiwi, N., & Fatmariza, F. (2024). Integrasi Game dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(1), 18–30. Retrieved from https://charta.ppj.unp.ac.id/index.php/crt/article/view/3