Inovasi Pembelajaran Sosiologi Berbasis PBL dan Discovery Learning pada Materi Penyimpangan Sosial Remaja di SMA Pembangunan Lab. UNP
DOI:
https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.26Keywords:
Discovery Learning, Inovasi Pembelajaran, Media Digital, Penyimpangan Sosial Remaja, PBLAbstract
Fenomena penyimpangan sosial di kalangan remaja Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di lingkungan sekolah menengah. Kasus seperti bullying, tawuran, penggunaan zat adiktif, serta perilaku menyimpang lainnya menjadi tantangan serius yang harus direspons oleh dunia pendidikan. Artikel ini bertujuan mengkaji inovasi pembelajaran sosiologi yang kontekstual dan partisipatif dengan menggabungkan dua pendekatan: Problem-Based Learning (PBL) dan Discovery Learning. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, yang mencakup observasi lapangan, wawancara mendalam dengan guru sosiologi, serta studi pustaka dari jurnal-jurnal ilmiah relevan. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan PBL dalam bentuk proyek sosial seperti vlog, mini drama, dan infografis digital meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teori sosiologi serta mengaitkannya dengan konteks sosial yang mereka alami. Sementara itu, Discovery Learning terbukti efektif untuk membangun dasar konseptual siswa dalam memahami bentuk dan penyebab penyimpangan sosial. Penggunaan media digital serta evaluasi autentik seperti kuis daring, portofolio, dan refleksi diri juga memperkuat keterlibatan siswa. Artikel ini menawarkan kerangka inovatif pembelajaran sosiologi yang responsif terhadap realitas sosial remaja dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
References
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Kependudukan Remaja: Laporan Tahunan 2023. Jakarta: BPS.
Durkheim, E. (1895). The Rules of Sociological Method. New York, NY: Free Press.
Fitriani, A. E., Putri, A. H., Suseno, C. R., & Supriyadi, T. (2025). Peranan Intervensi Sosial Dalam Pencegahan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi, 2(2)1.
Hisyam, C. J., & MM, M. S. (2021). Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis. Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Modul Pembelajaran Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Kemendikbud.
Merton, R. K. (1938). Social structure and anomie. American Sociological Review, 3(5), 672–682.
Report, (2022). Global Education Monitoring Report 2022: Gender Report – Deepening the Debate on Those Still Left Behind. Paris: UNESCO.
Rizqi Ayuwandari et al. (2023). “Perilaku bullying pada siswa sekolah menengah pertama (SMP): Menguji peran dukungan sosial dan perilaku asertif.” INNER: Jurnal Psikologi, 8(2), 103–116.
Tianingrum, R. (2019). “Pengaruh tekanan teman sebaya terhadap kenakalan remaja.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 11(1), 59–74.
Yanti, S., et al. (2023). “Faktor–faktor penyebab penyimpangan sosial remaja di Kota Yogyakarta.” Jurnal Sosiologi Pendidikan, 10(2), 120–1331.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fresia Grestiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.