Transformasi Peran Guru dalam Pembelajaran Sosiologi Ber-basis Project Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.25Keywords:
Pembelajaran Sosiologi, Project based learning, Transformation of Teacher RolesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi peran guru dalam pembelajaran Sosiologi berbasis Project Based Learning (PjBL) di jenjang pendidikan menengah. Perubahan paradigma pendidikan di era Kurikulum Merdeka mendorong guru tidak lagi berperan sebagai pusat informasi, melainkan sebagai fasilitator, desainer pembelajaran kontekstual, dan penilai autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi dari sejumlah guru Sosiologi di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL mendorong guru untuk berperan aktif dalam merancang proyek sosial yang relevan, membimbing siswa dalam proses investigasi lapangan, serta melakukan penilaian menyeluruh terhadap aspek kognitif, afektif, dan keterampilan. Transformasi ini memperkuat profesionalisme guru sekaligus menjadikan pembelajaran Sosiologi lebih bermakna, partisipatif, dan kontekstual. Meskipun terdapat tantangan, seperti keterbatasan waktu dan kesiapan siswa, strategi adaptif guru terbukti mampu mengoptimalkan potensi PjBL sebagai pendekatan pembelajaran transformatif.
References
Astuti, R. (2019). Pembelajaran IPS dengan Model Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kepekaan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, 28(3), 112–120.
Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education.
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Nurfadilah. (2021). Implementasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 167–175.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyawati, R., & Prasetyo, A. (2020). Peran Guru dalam Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(1), 45–53.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.