Strategi Inovatif Pembelajaran Sosiologi Melalui Pendekatan PJBL dan Teknologi Interaktif dalam Mengkaji Konflik Sosial dan Perilaku Menyimpang di Sekolah SMA Negeri 3 Padang

Authors

  • Miralda Devinta Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.24

Keywords:

Konflik Sosial, Project based learning, Perilaku Menyimpang, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi inovatif pembelajaran sosiologi  melalui  integrasi  pendekatan Project-Based Learning  (PjBL)  dan  teknologi interaktif dalam pembelajaran topik konflik sosial dan perilaku menyimpang di SMA Negeri 3 Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PjBL yang dikombinasikan dengan media digital seperti video edukatif dan aplikasi Quizizz mampu meningkatkan keterlibatan, pemahaman, serta kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Siswa lebih aktif dalam diskusi, antusias dalam kuis daring, serta menunjukkan pemahaman yang lebih kontekstual terhadap materi sosiologi. Meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet, pembelajaran ini tetap efektif dalam mendorong siswa untuk mengaitkan teori dengan realitas sosial di lingkungan mereka. Kesimpulannya, strategi ini relevan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran sosiologi berbasis Kurikulum Merdeka.

References

Anjani, A., & Kurniawati, L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Interaktif dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Pustaka Edukasi Digital.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Brata, N.T. (2007). Antropologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta: Esis.

Brusilovsky, P. (2001). Adaptive hypermedia. User Modeling and User-Adapted Interaction, 11(1–2), 87–110. https://doi.org/10.1023/A:1011143116306

Dokumen Desain Pembelajaran Kelompok 4. (2025). Modul Inovatif Pembelajaran Sosiologi Berbasis PjBL dan Media Digital Interaktif di SMA Negeri 3 Kota Padang. Tidak diterbitkan.

Dokumen Observasi SMAN 3 Padang. (2025). Laporan Hasil Observasi Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 3 Kota Padang. Tidak diterbitkan.

Efferi, A. (2013). Pendidikan Kontekstual dan Penguatan Nilai Sosial dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. San Francisco: Jossey-Bass.

Jamali, M., & Haris, A. (2018). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran sosiologi: Membangun kesadaran sosial melalui pendekatan reflektif. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(2), 45–59. https://doi.org/10.21831/jps.v5i2.12345

Khovivah, N., Fitriyani, D., & Santoso, R. (2024). Pembelajaran Kontekstual dan Dampaknya terhadap

Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 16(1), 12–25. https://doi.org/10.31227/jip.v16i1.8796

Kurniasari, D., & Putra, R. A. (2022). Integrasi teknologi dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 33–47.

Mulyati, R., & Suherman, A. (2021). Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55(3), 189–202. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i3.28971

Panggabean, A. (2017). Strategi Pembelajaran Inklusif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 101–115. https://doi.org/10.21009/jip.v19i2.6789

Piaget, J. (1973). To Understand Is to Invent: The Future of Education. New York: Grossman.

Prasetyo, R., & Nurhalimah, S. (2023). Tantangan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi, 6(1), 71–84. https://doi.org/10.32505/jipt.v6i1.4893

Rinjani, T., Nasution, F., & Widodo, H. (2024). Urgensi Pembelajaran Sosiologi dalam Membentuk Kesadaran Sosial Siswa. Jurnal Sosiologi dan Pendidikan, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.23917/jsp.v12i1.9845

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.

Santoso, B., & Wijaya, H. (2020). Budaya belajar dan efektivitas pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 8(2), 121–133.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12(2), 257–

285. https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H.B. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.

Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wardana, S., & Aulia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Interaktif terhadap Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 33–47. https://doi.org/10.36709/jtp.v9i1.7123

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Miralda Devinta. (2025). Strategi Inovatif Pembelajaran Sosiologi Melalui Pendekatan PJBL dan Teknologi Interaktif dalam Mengkaji Konflik Sosial dan Perilaku Menyimpang di Sekolah SMA Negeri 3 Padang. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(4), 146–152. https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.24