Tantangan Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Sosiolo-gi Pada Materi Interaksi Sosial di SMA Pertiwi 1 Padang

Authors

  • Lidia Maya Sari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.23

Keywords:

Interaksi Sosial, Literasi Digital Sosiologis, Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tantangan dan peluang dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran sosiologi, khususnya materi interaksi sosial di SMA Pertiwi 1 Padang. menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan tiga metode utama, yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik wawancara dilakukan terhadap guru mata pelajaran sosiologi di SMA Pertiwi 1 Padang dengan tujuan menggali informasi mengenai tantangan dalam proses pembelajaran serta respons siswa terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL). Observasi dilaksanakan secara langsung di lingkungan kelas untuk mengamati suasana pembelajaran, pemanfaatan media ajar, serta dinamika interaksi antar siswa. Adapun studi kepustakaan digunakan sebagai dasar teoretis untuk memperkuat temuan lapangan, dengan merujuk pada berbagai sumber ilmiah dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik kajian. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa rendahnya literasi siswa, kurangnya pemahaman terhadap metodologi penelitian sosial, serta kendala dalam pemanfaatan teknologi menjadi hambatan utama. Penelitian ini juga menawarkan rancangan inovatif berupa modul ajar berbasis project based learning yang mengintegrasikan media digital untuk meningkatkan partisipasi aktif dan keterampilan berpikir kritis siswa.

References

Arifin, Z. (2019). Manajemen waktu dalam pembelajaran di sekolah: Teori dan penerapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmawan, A., & Suryani, D. (2020). Peningkatan minat baca siswa melalui metode yang efektif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 215-223.

Harahap, R. (2018). Strategi meningkatkan minat baca siswa di era digital. Jurnal Pendidikan SMA, 15(1), 72-79.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Junaidi, I. (2017). Manajemen waktu dan produktivitas belajar siswa di SMA. Bandung: Pustaka Edukasi.

Kusmaladewi, K., Halim, P., Muin, M., & Asdar, A. (2022). Korelasi Manajemen Waktu, Minat Baca, dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar.

Muliawati, R., & Handayani, S. (2021). Efektivitas manajemen waktu dalam meningkatkan prestasi akademik dan minat baca siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(3), Hal: 127-135.

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182-186

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Puspitasari, V., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas 4 Dengan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2517–2530. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9911

Susanti. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 Kota Bengkulu: Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 249–254.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lidia Maya Sari. (2025). Tantangan Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Sosiolo-gi Pada Materi Interaksi Sosial di SMA Pertiwi 1 Padang. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(4), 153–157. https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.23