PBL Berbasis Teknologi: Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Penyimpangan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24036/crt.v1i4.22Keywords:
Kreativitas siswa, Problem Based Learning, Penyimpangan Sosial, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran SosiologiAbstract
Artikel ini menguraikan tentang penggabungan Problem-Based Learning (PBL) dengan alat teknologi pendidikan dalam pengajaran materi Penyimpangan Sosial di tingkat Sekolah Menengah Atas. PBL merupakan suatu pendekatan belajar yang berbasis konstruktivisme, di mana siswa secara aktif membangun pengetahuan lewat penyelesaian masalah yang relevan. Implementasi PBL yang didukung oleh teknologi (seperti modul digital, video edukasi, dan platform daring) dapat meningkatkan daya cipta serta penguasaan konsep siswa. Sebagai ilustrasi, Yuningtyas et al. (2023) merancang e-modul PBL untuk sosiologi yang menerima penilaian “sangat layak” dari para ahli di bidang media dan materi. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa setelah mengikuti PBL yang didukung oleh media digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa PBL dengan dukungan teknologi dapat meningkatkan partisipasi, kreativitas, dan pemahaman siswa dalam pembelajaran tentang Penyimpangan Sosial, sekaligus mengurangi kebosanan terhadap materi sosiologi melalui pendekatan yang kontekstual dan interaktif.
References
Abdurrozak, R. & Jayadinata, A.K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.
Dewi, I.A.D.C., Maryani, I. & Partini, D. (2021). Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1).
Hasanah, E., Darmawan, D. & Nanang. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTEP), 4(1), 1–13.
Januarti, N.E. (2018). Inovasi Media Pembelajaran Sosiologi Melalui Video Pembelajaran Bagi Guru SMA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(1), 12–31. DOI: 10.21009/JPMM.002.1.02.
Nurhayati, I., Pramono, K.S.E. & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Com-munication and Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43. DOI: 10.31004/basicedu.v8i1.6842.
Permatasari, S.E. P. Ratu, Taneo, D.R. & Manafe, M.P. (2025). Pentingnya Media dan Teknologi Pembela-jaran untuk Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Seni. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidi-kan, 7(1), 163–176.
Pribadi, D.Y., Siregar, E. & Kusumawardani, D. (2021). Sociology Study Development with Problem Based Learning Approach in Class XI Students at SMAN 1 Jakarta. BIRCI-Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1), 1279–1286. DOI: 10.33258/birci.v4i1.1754.
Relawati, L.D., Ramadhan, I. & Hainon. (2024). Peningkatan Minat Belajar Sosiologi melalui Penerapan Lumio Berbantuan Padlet di Kelas X SMA Negeri 9 Pontianak. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 363–374. DOI: 10.53624/ptk.v4i2.376.
Sahada, N.A. & Febriani, E.A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ter-hadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X SMA N 5 Pari-aman. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 102–111. DOI: 10.24036/nara.v4i1.270.
Sari, S.N. & Kuntari, S. (2025). Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Sosiologi Ke-las X-6 SMA Negeri 1 Padarincang. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1). DOI: 10.54297/seduj.v5i1.1093.
Wardani, R.K., Purwanto, Soelistijo, D., Tang, A. & Mu’tashim, M. (2024). Digital Innovation in Educa-tion: The Impact of Problem-Based Learning Enhanced by Google Sites on Students’ Critical Thinking in Seismic Studies. Future Space: Studies in Geo-Education, 1(4), 454–462. DOI: 10.69877/fssge.v1i4.41.
Yuningtyas, L.A., Sariyatun & Djono. (2023). Problem Based Learning E-Module for Facilitating Sociology Learning in the Digital Era. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 107–118. DOI: 10.23887/jeu.v11i1.58123.
Zebua, S.F. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Alas. Skripsi, Universitas Nias.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.