Pengaruh Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo
DOI:
https://doi.org/10.24036/crt.v1i3.20Keywords:
Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team, Pemahaman Konsep, Hasil BelajarAbstract
Seringkali pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga hasil belajar cenderung rendah. Penelitian ini membahas pengaruh Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Collaborative Tipe Quis memberi pengaruh terhadap hasil belajar Sosiologi Siswa kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan teori Konstruktivistik oleh Piaget. Pemilihan informan dilakukan secara Random Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas Dan Uji Hipotesis. Hasil uji t dilakukan untuk enam komponen materi belajar mengenai masyarakat multikultural yaitu pengertian masyarakat multikultural dengan t hitung 2,47, ciri –ciri masyarakat multikultural dengan t hitung 3,49, bentuk keakeragaman masyarakat multikultural dengan thitung 3,60, faktor pendorong timbulnya masyarakat multikultural dengan thitung 2,62, masalah muncul dalam masyarakat multikultural dengan thitung 3,58, dan proses penyelesaian masalah dalam masyarakat multikultural dengan thitung 3,30. Dengan demikian Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team memberi pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar sosiologi siswa terutama pada aspek pemahaman konsep.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Reneka cipta
Dahar, R. W. (1998). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sosiologi SMA dan MA. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.
Dimyati, D. & Mujiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta :P2IPTK.
Mulyasa, E.(2008). Kurikulum Standar Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosyada.
Setyo, Punaji. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Predana Media Group.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sokanto, Soejono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grasido Persada
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana.1996. Penilaian Hasil Belajar. Bandung :Remaja Rosdakarya
Sudijono, Anas. (2102). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Raja Grafindo
Suparmo, Paul. 1997. Filsafat Kontruvisme Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius
Suke, Silverius. 1991. Evaluasi hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Sibelman, Melvin. 2004. Active Learning 1001 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusa Media.
Syafruddin. (2004). Penilaain Hasil Belajar. Padang :UNP
Tim MKDK.2005. Belajar Dan Pembelajaran. Padang :UNP
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.