Pengaruh Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo

Authors

  • Sulastri Asniati Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
  • Gusraredi Gusraredi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i3.20

Keywords:

Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar

Abstract

Seringkali pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga hasil belajar cenderung rendah. Penelitian ini membahas   pengaruh Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  Pembelajaran  Collaborative  Tipe  Quis  memberi  pengaruh  terhadap  hasil  belajar Sosiologi Siswa kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Teori     yang  digunakan  teori  Konstruktivistik  oleh  Piaget.  Pemilihan  informan dilakukan secara Random Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas Dan Uji Hipotesis. Hasil uji t   dilakukan untuk enam komponen materi  belajar  mengenai  masyarakat  multikultural  yaitu  pengertian  masyarakat  multikultural dengan t hitung 2,47, ciri –ciri masyarakat multikultural dengan t hitung   3,49, bentuk keakeragaman masyarakat multikultural dengan thitung 3,60, faktor pendorong timbulnya masyarakat multikultural dengan thitung 2,62, masalah muncul dalam masyarakat multikultural dengan thitung 3,58, dan proses penyelesaian masalah dalam masyarakat multikultural dengan thitung 3,30. Dengan demikian Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team memberi pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar sosiologi siswa terutama pada aspek pemahaman konsep.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Reneka cipta

Dahar, R. W. (1998). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sosiologi SMA dan MA. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.

Dimyati, D. & Mujiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta :P2IPTK.

Mulyasa, E.(2008). Kurikulum Standar Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosyada.

Setyo, Punaji. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sokanto, Soejono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grasido Persada

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana.1996. Penilaian Hasil Belajar. Bandung :Remaja Rosdakarya

Sudijono, Anas. (2102). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Raja Grafindo

Suparmo, Paul. 1997. Filsafat Kontruvisme Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius

Suke, Silverius. 1991. Evaluasi hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Sibelman, Melvin. 2004. Active Learning 1001 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusa Media.

Syafruddin. (2004). Penilaain Hasil Belajar. Padang :UNP

Tim MKDK.2005. Belajar Dan Pembelajaran. Padang :UNP

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Asniati, S., Junaidi, J., & Gusraredi, G. (2025). Pengaruh Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(3), 121–126. https://doi.org/10.24036/crt.v1i3.20