Tujuan Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran

Authors

  • Erwinda Rahim Tanjung UIN Sumatera Utara
  • Meyniar Albina UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i3.17

Keywords:

Alam, Sekolah Dasar, Tujuan Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik, dan sumber belajar pada satuan lingkungan pendidikan, dan membantu peserta didik belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan tentang pengertian pembelajaran, klasifikasi tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran di lembaga sekolah dasar. Model analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif, dan deskriptif, yakni metode yang memberikan contoh dan kerangka konseptual dengan bentuk resurcive dan simetris. Penelitian ini akan menghasilkan informasi yang memperjelas latar belakang yang dijabarkan. Dalam tujuan pembelajaran terdapat secara umum dan khusus, dan tujuan pembelajaran sangat penting bahkan menjadi utama dalam sebuah pendidikan.

References

Abdul, M. F. (1949). Mutiara Hadis Shahih Bukhari dan Muslim. Hadis No. 1702.

Amstrong, G. (1983). Secondary Education and Instroduction. Mc. Millant publishing Co. Inc.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tangerang: Animage.

Darsono, D. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Daryanto, D. (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, R. (1974). Learning System Desigh; New York Mc. Graw Hall Book Company.

Mager, R. (1962). Preparing Instructional Objectives. Education Divition.

Mappasiara. (2018). Pendidikan Islam. Jurnal UIN Alauddin, VII(1). https://journal.uin.alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/4940

Purwanto, & Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Rahim Tanjung, E., & Albina, M. (2025). Tujuan Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(3), 99–102. https://doi.org/10.24036/crt.v1i3.17