Efektivitas Penggunaan E-LKPD berbasis Liveworksheet terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.15

Keywords:

Liveworksheet, E-LKPD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas F4 di SMA Negeri 12 Padang. Adapun tujuan dari penelitiaan ini yaitu guna mengukur dan mengatahui keefektifan atau keberhasilan dari penggunaan perangkat pembelajaran E-LKPD berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar siswa fase F SMA N 12 Padang. Penelitian ini dilakukan pada satu kelompok kelas pre-test dan post-test yaitu kelas F4 dengan melibatkan 36 orang peserta didik. Pada penellitian ini menggunakan teori belajar bermakana dari David Ausubel. Adapun hasil efektivitas dari E-LKPD berbasis liveworksheet yaitu didapati nilai rata-rata pre-test sebesar 57,91 sedangkan hasil post-test setelah diterapkannya E-LKPD berbasis liveworksheet diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,88, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi khususnya pada materi permasalahan sosial akibat pengelompokan sosial di fase F4 SMA Negeri 12 Padang setelah diterapkannya E-LKPD berbasis liveworksheet.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Miftahul Jannah, & Reno Fernandes. (2024). Efektivitas Penggunaan E-LKPD berbasis Liveworksheet terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(2), 91–98. https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.15