Proses Internalisasi Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dalam Pendidikan (Studi Kasus SMA Muhammadiyah 1 Padang)

Authors

  • Anila Anila Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.13

Keywords:

Internalisasi, Nilai-nilai Kemuhammadiyahan, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakberhasilan SMA Muhammadiyah 1 Padang dalam menginternalisasikan Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dalam Pendidikan. Nilai nilai Kemuhammadiyahan dalam hal ini merupakan pembelajaran yang masuk kedalam mata pelajaran khusus di SMA Muhammadiyah 1 Padang yaitu mata pelajaran kemuhammadiyahan. Pendidikan Kemuhammadiyahan bertujuan untuk mencetak generasi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan keterampilan sosial yang baik. Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dalam pendidikan merupakan suatu kearifan lokal yang seharusnya dapat dicapai setiap penyelenggara pendidikan di lingkungan Muhammadiyah demi terbentuknya peserta didik terpelajar yang bertaqwa. Dalam kajian penelitian ini tentunya akan ditarik kesimpulan dengan tujuan penelitian yaitu guna untuk melihat bagaimana penerepan proses internalisasi nilai-nilai kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. teknik pemilihan informan data digunakan yaitu purposive sampling. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran kemuhammadiyahan, peserta didik dan orang tua. data penelitian dianalisis menggunakan teori struktural fungsional oleh Talcott Parsons melalui skema AGIL (adaptation, goal, integrated, and latency). Hasil temuan utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Padang belum sepenuhnya dapat mengimplementasikan pembelajaran nilai-nilai kemuhammadiyahan di sekolah tersebut. Pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Kemuhammadiyahan dalam hal ini belum sepenuhnya terimplikasikan dengan baik, kemudian fasilitas yang diberikan oleh sekolah juga belum sepenuhnya maksimal didapatkan oleh siswa yang belajar di SMA Muhammadiyah 1 Padang ini. Dalam hasil penelitian ini dijelaskan apa saja nilai-nilai kemuhammadiyahan yang seharusnya di internalisasikan di sekolah Muhammadiyah. Dan juga apa saja faktor yang menghambat penerapan proses internalisasi nilai-nilai kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Padang tersebut.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anila, A., & Fernandes, R. (2024). Proses Internalisasi Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dalam Pendidikan (Studi Kasus SMA Muhammadiyah 1 Padang). Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.13