Implementasi Social Emotional Learning (SEL) pada Mata Pelajaran Sosiologi

Authors

  • Fahruri Nabila Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.12

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Social Emotional Learning

Abstract

Pembelajaran Social Emotional Learning dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan metode yang menggunakan berbagai metode pengajaran yang memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan program yang ada pada kurikulum merdeka. Namun banyak penelitian mengatakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini belum optimal. Untuk mengurai penelitian ini, penulis menggunakan teori AGIL pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Social Emotional Learning masih menghadapi beberapa tantangan. Beberapa faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut adalah kurangnya pemahaman guru terhadap SEL. Selain itu, hambatan lain seperti kurangnya dukungan dari sekolah, dan kurangnya kolaborasi antar guru juga menjadi kendala utama. Meskipun demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa metode SEL memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas siswa apabila dilakukan dengan baik dan didukung oleh berbagai aspek pendukung.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nabila, F., & Fernandes, R. (2024). Implementasi Social Emotional Learning (SEL) pada Mata Pelajaran Sosiologi. Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.12