Kesiapan dan Kendala Guru dalam Implementasi P5-PPRA (Studi Kasus MAN 2 Kota Padang)
DOI:
https://doi.org/10.24036/crt.v1i2.11Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA)Abstract
Penelitian ini menarik karena menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di MAN 2 Kota Padang untuk membentuk karakter dan keterampilan siswa. Meski demikian ketika dilakukan observasi partisipan di MAN 2 Kota Padang menunjukan bahwa secara prosedural MAN 2 Kota Padang sudah melaksanakan projek P5 ini dengan maksimal, namun secara subtansial terdapat kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan kendala guru dalam implementasi P5-PPRA di MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data penelitian dianalisis menggunakan teori struktural fungsional dari Tallcot Parson dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan bulan agustus 2024. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, artinya informan yang dipilih memiliki informasi data yang dapat menunjang hasil penelitian yang berjumlah 10 orang, diantaranya 1 wakil kurikulum, 1 guru koordinator, 2 fasilitator, 1 guru sosiologi dan 5 siswa MAN 2 Kota Padang. Peneliti melakukan triangulasi sumber dan teknik sebagai keabsahan data. Teknik analisis data yang dirujuk melalui pemikiran Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara prosedural MAN 2 Kota Padang telah dilaksanakan maksimal, namun secara subtansial terdapat kendala pada beberapa aspek, karena merupakan tahun pertama MAN 2 Kota Padang melakukan projek ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.